Friday, April 19, 2013

Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun Gara-gara Jamban

Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun Gara-gara Jamban

Jakarta : Bank Dunia melaporkan satu dari dua orang di dunia saat ini tak memiliki jamban. Padahal kerugian ekonomi akibat ketiadaan akses sanitasi dalam setahun diperkirakan bisa mencapai US$ 260 miliar atau Rp 2.496 triliun (kurs Rp 9.600) per tahun.

“Kita harus memperbaiki sanitasi apabila kita bermaksud menghapus kemiskinan ekstrim pada tahun 2030 and meningkatkan pendapatan dari 40% kalangan termiskin,” ujar Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/4/2013).

Bank Dunia menilai tanpa jamban atau sistem pengolahan limbah yang layak, banyak penduduk negara berkembang yang melakukan aktifitas buang air besar (BAB) di sungai atau ladang. Tanpa menyadari mereka menyebarkan kuman-kuman penyebab penyakit diare yang merupakan pembunuh kedua kematian balita. 

"Dampak dari sanitasi buruk merupakan inti dari berbagai hambatan yang dihadapi kaum miskin dalam upaya mencapai kesejahteraan berupa kesehatan, pendidikan, lingkungan, kesejahteraan, kesetaraan, dan harga diri. Imbal hasil dari investasi sanitasi sangatlah tinggi, terutama untuk kalangan miskin,” tegas Kim. 

Sanitasi yang buruk, ungkap Bank Dunia, juga berdampak pada kerugian ratusan miliar dolar per tahun berasal dari turunnya kondisi kesehatan, lingkungan, dan pariwisata. 

Sepanjang 2011, Bank Dunia mengaku telah mengalokasikan dana hingga US$ 4 miliar untuk air bersih dan sanitasi. Dana itu telah membantu 9 juta orang memiliki akses terhadap layanan air bersih dan sanitasi yang layak. 

Dukungan terhadap upaya Bank Dunia ini juga diberikan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa. Mewakili Sekjen PBB, Wakil Sekretaris Jenderal PBB Jan Eliasson menyatakan akan mengerahkan aktor-aktor utama untuk meningkatkan upaya sanitasi dan mengakhiri praktik BAB sembarangan pada 2025. 

"Kita memiliki kurang dari 1000 hari lagi untuk berbuat sebelum tenggat waktu Tujuan Pembangunan Milenium 2015," tegas Eliasson.


Sumber:@liputan6.com

Incoming Search Terms:
Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun Gara-gara Jamban, Jamban, Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun, Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun Gara-gara Jamban, Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496, Jamban, Ekonomi Dunia Merugi Rp 2.496 Triliun Gara-gara Jamban

0 comments: