Thursday, April 26, 2012

Tiga Bulan, Apple Jual 35 Juta iPhone


San Francisco: Penjualan gadget andalan Apple, iPhone, kwartal ini berhasil melampaui dua kali lipat dari penjualan kwartal yang sama tahun lalu. Menurut laporan Mirror.co.uk, Kamis (26/4), Apple tercatat menjual sebanyak 35 juta unit iPhone pada tiga bulan pertama 2012.
Tak hanya iPhone, gadget andalan Apple lainnya seperti iPad juga mendulang kesuksesan yang lebih besar. Pada kwartal pertama 2012 ini, iPad tercatat terjual sebanyak 11,8 juta unit. Angka ini melampaui dua setengah kali lipat dari periode yang sama tahun lalu.

Penjualan fantastis iPhone ini di luar ekspetasi pasar, namun penjualan iPad tidak begitu sesuai dengan harapan. Begitu juga dengan produk komputernya, AppleMac, yang terjual hanya sekitar 4 juta unit dan naik sekitar 7 persen dari tahun lalu.

Meski iPad model terbaru diluncurkan pada kwartal ini, penjualannya masih kurang memuaskan karena pasokannya terbatas. Analis di Topeka Capital Markets, Brian White, mengatakan bahwa pasokan iPad yang terbatas itu dikarenakan kurangnya pasokan komponen penting, yakni layar beresolusi tinggi andalannya.

Kesuksesan Apple juga berkat penjualan fantastis di Asia, terutama di Cina, selama setahun terakhir. Penjualan di "Greater China", yang mencakup Hong Kong dan Taiwan, melampaui tiga kali lipat dari tahun lalu, dan mencakup 20 persen dari total pendapatan Apple.

Pesaingnya, produsen PC Windows kini berharap Windows 8 akan memberikan kesempatan lebih baik dalam bersaing dengan Apple, baik di pasar PC dan tablet. CEO Intel Paul Otellini mengatakan pekan lalu, ia yakin sukses dengan ide penggabungan tablet dan PC yang menjadi perangkat ringan dengan keyboard dan layar sentuh yang sensitif.

Namun, kepala eksekutif Apple Tim Cook menolak ide tersebut dalam sebuah konferensi dengan para analis, baru-baru ini. Menurutnya, tablet dan PC sudah sangat baik jika dijadikan perangkat terpisah. Kedua perangkat itu punya kekuatan masing-masing di pasarnya.

0 comments: