Responsive Ad

Kecanduan Facebook? Lihat Ciri-cirinya


Bergen: Jejaring sosial Facebook telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dr Cecilie Schou Andreassen dari University of Bergen, Norwegia, memiliki teori tentang mengapa beberapa orang memiliki ketergantungan kronis terhadap Facebook.
"Facebook sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini menjadi semakin sulit bagi banyak orang yang ingin mengetahui apakah mereka kecanduan media sosial atau tidak," jelas Andreassen. 

Ia menambahkan, gejala-gejala kecanduan Facebook mirip dengan kecanduan narkoba, kecanduan alkohol, dan kecanduan zat kimia, Rabu (9/5). 

Menurut Andreassen, kecanduan Facebook terjadi paling sering di antara pengguna berusia lebih muda. Facebook cenderung menjerat individu yang cemas atau secara sosial tidak aman, mungkin karena mereka merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui media sosial daripada tatap muka.

Sebaliknya, orang-orang yang terorganisir dan lebih ambisius cenderung kurang kecanduan Facebook. Hal itu karena mereka biasanya menggunakan media sosial sebagai bagian integral dari pekerjaan dan jaringan. Andreassen juga mencatat bahwa wanita lebih berisiko terkena kecanduan Facebook.

Jadi, apakah Anda kecanduan Facebook?

Nah, Andreassen telah mengembangkan skala Facebook kecanduan berdasarkan 6 kriteria dasar. Penilaian itu berdasarkan kategori berikut: (1) Sangat jarang, (2) Jarang, (3) Kadang-kadang, (4) Sering kali, dan (5 ) Sangat sering.
  • Anda menghabiskan banyak waktu berpikir tentang Facebook atau rencana menggunakan Facebook.
  • Anda merasakan dorongan untuk menggunakan Facebook lebih banyak lagi.
  • Anda menggunakan Facebook bisa digunakan untuk melupakan masalah pribadi.
  • Anda telah mencoba untuk mengurangi penggunaan Facebook tapi tidak berhasil.
  • Anda menjadi gelisah atau bermasalah jika Anda dilarang menggunakan Facebook.
  • Anda menggunakan Facebook begitu banyak sehingga berdampak negatif pada pekerjaan / studi Anda.
Banyaknya nilai "sering" atau "selalu" setidaknya empat dari enam item di atas memprediksi Anda kecanduan Facebook. Lalu, bagaiamana dengan jawaban Anda, apakah Anda kecanduan jejaring sosial ini? 

Post a Comment

0 Comments