Monday, December 2, 2013

Apakah Rooting Android Itu Berbahaya?

Apakah Rooting Android Itu Berbahaya?

Jakarta : Apakah me-root android itu berbahaya? Terima kasih redaksi.
- Imam Mashuri -

Jawaban:
Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna perangkat Android untuk mencapai kontrol istimewa -- akses penuh atau superuser -- dalam subsistem program Android.
Hal ini dilakukan dengan tujuan mengatasi keterbatasan yang ditetapkan oleh operator dan produsen perangkat. Bila sukses, proses rooting memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi khusus yang tadinya tidak bisa dijalankan, atau bahkan mengakses program yang sebelumnya dinyatakan tidak dapat diakses oleh pengguna Android biasa. Selain itu, rooting juga kerap dimanfaatkan oleh pengguna untuk memfasilitasi update sistem operasi.

Namun bila gagal, perangkat Anda bisa saja mengalami hang saat melakukan proses tersebut, bahkan dapat membuatnya tidak berfungsi total untuk selama-lamanya. Mayoritas vendor perangkat juga memiliki kebijakan untuk menghapus jaminan garansi pada perangkat yang sudah menjalani proses rooting.

Legal atau tidak legal?
Rooting Android sendiri sering jadi kontroversi terkait legal atau tidaknya. Ada yang bilang rooting itu aktivitas ilegal, namun banyak pula yang bilang itu legal. Namun menurut pengamat dunia teknologi dan pakar Android dari komunitas Gatorade IT, Lucky Sebastian, bila dilihat dari sisi historis dan sifat dasar sistem operasinya, kegiatan me-rooting perangkat Android bisa dianggap sebagai suatu hal yang legal dan sah-sah saja.

Sebab, sejak awal Google menciptakan Android sebagai sebuah platform perangkat yang bersifat terbuka atau biasa disebut open-source. Pada platform bersifat open-source seperti Android, sistem kernel (inti platform) memang sengaja dihadirkan dengan sejumlah celah yang memungkinkan pihak lain untuk mengaksesnya.

Sumber:@Liputan6.com

Incoming Search Terms: Apakah Rooting Android Itu Berbahaya?

0 comments: