Tuesday, December 4, 2012

Robot Ini Bisa Bicara, Temani Astronot di Luar Angkasa

Robot Ini Bisa Bicara, Temani Astronot di Luar Angkasa


Tokyo: Sebuah robot humanoid kecil yang bisa bicara sengaja dibuat untuk dijadikan teman astronot agar tak kesepian. Robot ini akan dikirim ke luar angkasa untuk menemani salah seorang astronot Jepang yang akan bertugas di sana selama enam bulan.
Robot ini akan tiba di International Space Station (ISS) beberapa bulan lebih awal sebelum nantinya sang astronot Koichi Wakata mendarat.
Menurut Kibo (Hope) Robot Project, seperti dilansir AFP, robot ini memiliki tinggi 34 cm dan berat sekitar satu kilogram. Dengan menggunakan sistem operasi Android, robot ini diprogram untuk bisa mengenali wajah Wakata dan berkomunikasi dalam bahasa Jepang.

Ia juga bisa mengambil foto selama perjalanan, lalu mengirimkan informasinya ke bumi dari laboratorium Kibo Jepang di stasiun luar angkasa selama Wakata sibuk melaksanakan misinya sebagai komandan ISS.
Sketsa kartun dari robot ini ditunjukkan beberapa hari lalu. Robot ini dibalut 'pakaian' bernuansa hitam dan silver dengan sepatu berwarna merah terang.
Karena belum mempunyai nama, penyelenggara misi meminta saran dari publik untuk mencarikan nama yang cocok buat si robot. Robot ini rencananya akan memiliki saudara kembar yang akan ditempatkan di bumi untuk melakukan tugas sebagai public relation.
Proyek tersebut diorganisir oleh tim peneliti dari Universitas Tokyo, agensi iklan Dentsu dan pembuat robot Tomotaka Takahashi. 
Sumber: @liputan6.com
Incoming search terms:
Robot Ini Bisa Bicara, Temani Astronot di Luar Angkasa, Robot Ini Bisa Bicara, Temani Astronot di Luar, Robot Ini Bisa Bicara, Info Teknologi, Robot Ini Bisa Bicara, Temani Astronot di Luar Angkasa, Info Teknologi, Teknologi

0 comments: