Friday, July 27, 2012

Olimpiade London 2012

London 2012 Olympic Games
Upacara Pembukaan Olimpiade London 2012 yang dirancang selama tujuh tahun oleh sutradara "Slumdog Millionaire" Danny Boyle digelar secara spektakuler. Pertunjukan musik dan drama kolosal bertajuk "Kepulauan Ajaib" tampil di Olympic Stadium, London, Inggris, Jumat (27/7) malam atau Sabtu (28/7) dini hari. 



Upacara yang dibuka pukul 21:00 waktu setempat atau sekitar pukul 03:00 WIB ini diiringi dentingan lonceng jam legendaris Kota London, Big Ben, yang berbunyi selama tiga menit. Upacara pembukaan itu menghabiskan dana sekitar 27 juta Poundsterling atau sekitar Rp 396,29 miliar.

Suasana stadion pun disulap menjadi pedesaan Inggris lengkap dengan ternak hidup seperti domba, kuda, sapi, kambing, ayam, angsa, dan anjing penggembala. Kehidupan desa juga semakin kental dengan dihadirkan permainan kriket dan gaya musik festival "mosh pits". 

Aksi selanjutnya yaitu pembacaan kembali puisi "Dark Satanic Mills" karya William Blake yang menjadi rujukan lahirnya Revolusi Industri dan menjadi lagu kebangsaan Inggris. Aktor film James Bond, Daniel Craig pun ikut memeriahkan acara dengan terjun menggunakan parasut berbendera Inggris Jack Union dari helikopter yang terbang di atas stadion. 
Sesaat kemudian, Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip memasuki panggung kehormatan. Kontan, sekitar 60 ribu penonton yang memadati stadion menyambutnya dengan meriah. 
Pada sesi terakhir merupakan bentuk penghormatan pada Layanan Kesehatan Nasional yang dilambangkan dengan hadirnya tari dan lagu perawat dan anak-anak di atas ranjang pasien. Suasana stadion yang sengaja digelapkan menambah warna stadion karena kasur yang digunakan mengeluarkan warna putih dipadu lampu stadion yang berwarna merah dan biru

0 comments: