Wednesday, June 13, 2012

Mahasiswa Surabaya Ciptakan Papan Tulis Virtual



Surabaya: Lima mahasiswa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jawa Timur, membuat terobosan baru dengan hasil karya mereka yang dapat dimanfaatkan di dunia pendidikan. Karya kelima mahasiswa itu adalah papan tulis virtual, dimana dalam penggunaannya tidak lagi memakai kapur maupun spidol saat menulis di dinding.

Kelima mahasiswa itu yakni Samsul Alam dan Rachmat Tri Pendi (teknik elektro), Anisaa (elektronika), Ayu Renzes (telekomunikasi), dan Sanaz Imaniar (informatika). Peralatan papan tulis virtual yang mereka buat berasal dari bahan yang sederhana yakni bolpoint bekas, led infrared, sensor penerima, alat game nintendo, proyektor, serta LCD screen.
Ide awal pembuatan papan tulis virtual ini yakni melihat sistem belajar mengajar yang masih menggunakan kapur atau spidol. Dengan biaya Rp 6 juta, mereka sukses membuat papan tulis virtual. Penemuan ini juga sebagai hasil ujian akhir. Rencananya mereka memproduksi ciptannya untuk dipergunakan di sejumlah sekolah namun terkendala dana.

0 comments: