Wednesday, May 9, 2012

Penawaran IPO Facebook Digelar Tanggal 18 Mei 2012


San Francisco: Facebook dikabarkan akango public penawaran saham perdana (IPO) pada 18 Mei mendatang. Penawaran ini disebut-sebut sebagai salah satu penawaran saham perusahaan teknologi yang paling ditunggu-tunggu sejak Google go public pada Agustus 2004 lalu.
Menurut laporan The Wall Street Journal yang mengutip sumber terkait, Selasa (1/5), perusahaan situs jejaring sosial tersebut memulai roadshow-nya pada Senin mendatang. Roadshow, yang berupa serangkaian jadwal pertemuan dengan para calon investor, didesain untuk membangkitkan minat pada saham perusahaan. Sang bos, Mark Zuckerberg, juga dijadwalkan hadir untuk pertemuan-pertemuan itu.



Facebook juga sudah mendaftarkan sahamnya di Bursa Saham Nasdaq di bawah simbol "FB". The Menlo Park, perusahaan berbasis di California, Amerika Serikat, dikabarkan siap meningkatkan penawaran saham bernilai US$ 4 miliar, yang sekaligus memberikan saham seluruh perusahaan bernilai sekitar US$ 100 miliar. Namun, pihak Facebook hingga saat ini menolak untuk berkomentar.

Bulan lalu, Facebook mengumumkan pembelian situs berbagi foto Instagram senilai US$ 1 miliar dan menjadi akusisi termahal yang pernah dilakukannya. Selama kuartal pertama, keuntungan Facebook anjlok 12 persen menjadi sekitar US$ 205 juta dari US$ 233 juta pada tahun lalu. Sejauh ini, Facebook punya 901 juta pengguna aktif, yang naik dari 845 juta sejak akhir 2011 lalu.

0 comments: