Responsive Ad

Membuat Program dalam bahasa C di Linux

Source:http://munawiraceh.wordpress.com/2011/04/15/membuat-program-dalam-bahasa-c-di-linux/

Assalamulaikum pembaca…! :)

Ok,Terima kasih sudah berkunjung ke catatan kecil saya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menjalankan bahasa c di linux. Hal ini saya anggap perlu karena banyak teman2 dan adek2 di komunitas linux(POLICY) di Politeknik Negeri lhokseumawe dan juga adek2 leting saya yang di IT yang mau beralih ke linux akan tetapi karena blom tau cara menjalankan program bahasa c di linux jadi sebagian masih menggandalkan OS Jendela. Sebenarnya membuat program dalam bahasa c di linux bukanlah perkara yang sulit, karena linux sendiri sudah menyediakan langsung bahasa c ketika saat instalasi. Jadi anda tidak repot lagi. Untuk mengecek sudah mendukung tidaknya bahasa c dilinux anda, ketikkan gcc terminal, jika pesan yang diterima berupa : gcc: no input files” berarti gcc telah terinstall dan siap digunakan,  dan jika tidak pesan yang ditampilkan adalah “command not found”. Di sini saya menggunakan Linux Ubuntu 10.10.
Disini saya membuat dan menjalankan bahasa c  menggunakan terminal (command line), bukalah terminal dan buatlah sebuah file dengan ektension.c menggunakan editor kesukaan anda (nano,gedit,pico atau vi). namun disini saya menggunakan nano. sebelumnya buatlah folder terlebih dahulu dimana anda akan menyimpan file.
munawir@munux1717:~$
munawir@munux1717:~$ cd /home/munawir
lalu buatlah sebuah folder
munawir@munux1717:~$ cd /home/munawir/mkdir bahasa_c
kemudian buatlah sebuah file dengan extension.c. Misalnya tes.c
munawir@munux1717:~/bahasa_c$ nano tes.c
….*Program tes.c *….
Untuk simpan dan keluar tekan Ctrl+x dan Yes, enter. Kemudian cek filenya setelah disimpan:
munawir@munux1717:~$ cd /home/munawir/bahasa_c/
munawir@munux1717:~/bahasa_c$ ls
tes.c
Selanjutnya mengcompile dengan menggunakan GCC yaitu dengan mengetikkan perintah:
munawir@munux1717:~/bahasa_c$ gcc -o tes tes.c
Setelah program dicompile akan menghasilkan file berextension .exe yaitu tes.exe. Kemudian jalankan program yang telah dicompile tadi dengan perintah:
munawir@munux1717:~/bahasa_c$ ./tes
hasil programnya adalah
nama: munawir
blog :munawiraceh.wordpress.com
oke
testing 1..2..3..
….*Hasil Program tes.c *….

Post a Comment

0 Comments