Friday, July 6, 2012

Waspada, Virus Trojan DNS Changer Kacaukan Internet



Jakarta: Sejumlah pengguna internet di beberapa negara dilanda kekhawatiran dengan keberadaan virus Trojan DNS Changer. Karena itu, otoritas gabungan sejumlah negara akan mematikan DNS Changer pada 9 Juli mendatang, sehingga komputer yang terinfeksi tidak lagi bisa terhubung ke internet.


Saat ditemui di Jakarta, Jumat (6/7), pakar teknologi informasi Abimanyu Wachjoewidajat menjelaskan cara termudah memeriksa komputer bebas dari virus Trojan DNS Changer adalah dengan mengakses situs www.dns-ok.us

Menurut dia, jika komputer terjangkit virus tersebut maka alamat yang dituju ketika membuka situs internet kacau. Misalnya, jika mengakses situs Google bisa saja masuk ke Yahoo!.Penjaga salah satu warung internet atau warnet di Jakarta, Anisa Syahbania, mengaku khawatir dengan keberadaan virus ini. Ia pun berharap masalah virus ini bisa segera diatasi.

Informasi yang diterima SCTV, cara termudah memeriksa komputer terbebas virus Trojan DNS Changer adalah dengan mengakses situs www.dns-ok.us. Bila pada layar komputer muncul logo besar bertuliskan IP dengan warna dominan hijau, maka komputer bebas virus.Namun, bila muncul simbol dengan warna dominan merah, maka pengguna harus mengganti DNS atau domain nameserver komputer agar tetap bisa menjelajah dunia maya. Di Indonesia, pengguna kemungkinan perlu waktu sekitar dua bulan guna mendapatkan DNS baru setelah menghubungi penyedia jasa terdekat.(ADI/ANS)


Sumber: Liputan6.com

0 comments: