Thursday, April 26, 2012

Google Drive, Layanan Penyimpanan Data Besutan Google


San Francisco: Lama ditunggu-tunggu, Google akhirnya memperkenalkan layanan penyimpanan "cloud" online yang diberi nama "Google Drive", Selasa (24/4). Layanan ini merupakan salah satu produk paling penting dari perusahaan teknologi raksasa tersebut yang diluncurkan tahun ini.
Menurut blog resmi Google, mulai Selasa kemarin para pengguna bisa menyinkronkan file-file mereka seperti dokumen, foto, video, dan lagu melalui perangkat komputer yang dihubungkan ke Google Drive. Karena file tersebut disimpan dalam server internet, dijuluki sebagai "cloud," pengguna bakal bisa mengakses file kapan pun, di mana pun melalui perangkat komputasi web yang terhubung melalui akun Google mereka.

Saat ini layanan tersedia untuk PC, Mac, maupun smartphone Android, dan tablet. Tetapi versi untuk perangkat IOS Apple akan menyusul kemudian. Untuk penawaran awal, Google menyiapkan 5 GB penyimpanan per akun secara gratis dan pengguna bisa memilih upgrade sebesar 25 GB yang dikenakan biaya US$ 2,49 per bulan. Untuk 1 TB per bulan dikenakan US$ 49,99.

Dalam posting blog, Wakil Presiden Senior Google Sundar Pichai mengatakan, Google Drive bisa bertahan sebagai layanan penyimpanan yang mapan. Bisa bekerja secara mulus dengan para pengguna yang menikmati layanan Google lainnya, seperti Google Docs, Google+, mesin pencarian dan Gmail.

Sebagai contoh, pengguna dapat melampirkan foto dari Google Drive ke jaringan sosial Google+ mereka dan melampirkan file langsung ke email di Gmail. Layanan Google Drive ini bukan yang pertama kali hadir di dunia maya. Sebelumnya, sejumlah perusahaan teknologi raksasa juga sudah meluncurkannya, seperti Apple iCloud, Microsoft SkyDrive, dan Amazon Cloud Drive.

0 comments: