Thursday, March 8, 2012

Cina Akan Luncurkan 12 Satelit Meteorologi




Beijing: Cina akan meluncurkan 12 satelit meteorologi sebelum 2020 mendatang untuk lebih meningkatkan kemampuan pemantauan cuaca di negara tersebut. Demikian dikatakan seorang pejabat meteorologi senior, di Beijing, Cina. 


Menurut Direktur administrasi, Zheng Guoguang, seperti dilansir Xinhuanet.com, baru-baru ini, 12 dari 14 satelit meteorologi dijadwalkan akan diluncurkan sebagai bagian dari rencana 10 tahun yang diciptakan Administrasi Meteorologi Cina. 



"Peluncuran satelit ini akan secara dramatis meningkatkan kemampuaan pemantauan cuaca Cina dan juga bakal memberikan layanan yang lebih baik bagi berbagai industri," kata Zheng yang juga sebagai anggota Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina atau CPPCC dan badan atas penasehat negara politik saat berbicara di depan sidang tahunan. 



Pada 13 Januari lalu, Cina telah meluncurkan satelit meteorologi Fengyun-II 07 dari perusahaan Pusat Peluncuran Satelit Xichang barat daya. The Fengyun-II 07 adalah satelit meteorologi 13 diluncurkan Cina sejak 1988 lalu. 



"Dengan perbaikan satelit yang sebelumnya telah diluncurkan, Fengyun-II 07 sangat berguna untuk memantau bencana alam yang bisa muncul kapan saja," tutur Zheng. 



Ia juga mengungkapkan, Cina akan meluncurkan satelit ketiganya, Fengyun-III, pada akhir tahun ini atau awal 2013 mendatang.

0 comments: